#TM4.FRI 29/09/17
MOTOR CARRIER
Kompetisi
Operator motor bersaing keras satu sama lain untuk
pengiriman barang. Dengan jumlah yang besar untuk operator motor yang disewa, persaingan antar perusahaan bisa sangat ketat. Namun, kompetisi yang paling berat untuk-menyewa biasanya berasal dari operator swasta. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, industri pembawa motor TL menawarkan beberapa kendala modal untuk masuk. Dengan kendala investasi yang relatif kecil, seseorang bisa memulai bisnis operator motor dan bersaing dengan operator yang ada. Dengan demikian, kebebasan masuk, diskon, dan kurangnya batasan peraturan tampaknya mendominasi industri dan menunjukkan bahwa persaingan antar perusahaan dapat mengendalikan industry. Kesimpulan semacam itu menjadi dasar ketergantungan yang lebih besar pada pasar dan tidak bergantung pada peraturan. Meski segmen LTL lebih terkonsentrasi, masih ada persaingan ketat antara maskapai papan atas. Pesaing lain termasuk United Parcel Service, FedEx, dan FedEx Ground.
Segmen tertentu dari pembawa motor memiliki persyaratan
modal yang lebih tinggi daripada yang lain, seperti yang ditunjukkan, dan oleh
karena itu memiliki beberapa batasan modal untuk masuk. Segmen utama yang
memiliki persyaratan modal yang luas untuk masuk adalah pembawa LTL. Pengangkut
LTL harus berinvestasi di terminal dan peralatan penanganan barang yang sama
sekali tidak dibutuhkan oleh operator TL. Pembawa peralatan khusus-pembawa gas
cair atau produk beku-biasanya memiliki investasi peralatan dan terminal lebih
besar daripada yang terlibat dengan angkutan umum. Operator TL besar seperti J.
B. Hunt dan Schneider National juga memiliki investasi modal yang signifikan.
Secara keseluruhan, industri pengangkut motor, terutama
untuk operator kontrak, sudah berorientasi pasar. Memenuhi persyaratan pelanggan
telah menjadi sifat umum operator motor. Ukuran kecil dari mayoritas
untuk-menyewa operator memungkinkan mereka untuk memberikan perhatian
individual kepada pelanggan. Sebagai pembawa telah tumbuh dalam ukuran,
hubungan pelanggan-carrier yang dekat ini telah tegang. Namun, responsif
terhadap permintaan pelanggan akan layanan masih mendominasi semua organisasi
pengangkut motor, dan pengirim barang mengharapkan operator merespons kebutuhan
mereka.
Kesimpulan yang saya daptakan dari terjemahan diatas adalah. Kompetisi dalam dunia asa angkutan darat sangatlah ketat. Siapapun itu bisa memasuki bisnis tersebut dan bersaing dengan perusahaan yang telah lama ada. Karena dalam jasa angkutan darat menawarkan kendala investasi yang sedikit dan peraturan yang tidak terlalu ketat.
Karakteristik Layanan Umum
Pertumbuhan dan meluasnya penggunaan transportasi pengangkut
motor dapat dilacak pada karakteristik layanan yang melekat pada mode ini. Secara
khusus, pembawa motor memiliki keunggulan berbeda dibanding mode lainnya di
bidang aksesibilitas. Pengangkut motor dapat memberikan layanan ke hampir semua
lokasi karena otoritas operasi untuk perusahaan sewa menyewa tidak lagi
menempatkan batasan pada area yang dilayani dan komoditas yang diangkut. Akses
pengangkut motor tidak dibatasi oleh jalur air, rel kereta api, atau lokasi
bandara. Sistem jalan raya A.S. sangat luas sehingga hampir setiap lokasi
pengiriman dan penerimaan dapat diakses melalui jalan raya.
Keuntungan
aksesibilitas pembawa kendaraan bermotor terbukti dalam pickup atau pengiriman
barang di daerah perkotaan. Sangat jarang menemukan daerah perkotaan yang tidak
dilayani oleh jaringan penjemputan. Sebenarnya, pembawa motor menyediakan
jembatan antara pickup dan tempat tujuan dan fasilitas mode lainnya; Artinya,
pengangkut motor disebut sebagai koordinator universal.
Keuntungan layanan lain dari motor carrier adalah kecepatan.
Untuk pengiriman yang berada di bawah 800 mil, kendaraan pengangkut motor
biasanya bisa mengantarkan barang dalam waktu kurang dari mode lainnya. Meskipun
pesawat terbang melaju dengan kecepatan lebih tinggi, masalah pengiriman barang
ke dan dari bandara melalui pembawa kendaraan menambah total waktu tempur
pengangkut udara. Sebenarnya, jadwal tetap yang terbatas dari operator udara
mungkin membuat pengangkut motor menjadi metode yang lebih cepat bahkan untuk
jarak yang lebih jauh. Misalnya, pengiriman ke tempat tujuan yang berjarak 800
mil jauhnya mungkin memerlukan waktu 17,8 jam dengan kendaraan bermotor (800
mil di 45 mph). Meskipun waktu terbang antara bandara adalah 1,5 jam, 3 jam
mungkin diperlukan untuk penjemputan dan 3 jam untuk pengiriman, ditambah waktu
untuk memindahkan barang dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya. Jika
maskapai penerbangan hanya menjadwalkan satu penerbangan per hari, pengiriman
bisa menunggu hingga 24 jam sebelum dikirim. Pengangkut motor, bagaimanapun,
berjalan langsung dari pintu pengirim ke pintu penerima barang. Keuntungan
layanan ini menjadi nyata sejak 11 September 2001, ketika lalu lintas udara
A.S. ditutup. Kantor Pos A.S. mengeluarkan sebuah pernyataan yang memperingatkan
pelanggan akan penundaan paket atau surat yang menempuh perjalanan lebih dari
800 mil karena pengiriman Kantor Pos bergerak lebih dari 800 mil perjalanan
melalui udara dan di bawah 800 mil perjalanan dengan kapal motor.
Bila dibandingkan dengan kereta dan tongkang, daya dukung
kendaraan pengangkut motor yang lebih kecil memungkinkan pengirim untuk
menggunakan tarif TL, atau diskon volume, dengan volume yang lebih rendah. Banyak
bobot minimum TL ditetapkan pada 20.000 sampai 30.000 pound. Berat minimum kereta angkut sering ditetapkan pada 40.000 sampai 60.000 pound, dan minimum tongkang
ditetapkan dalam bentuk ratusan ton. Ukuran pengiriman kapal motor yang lebih
kecil memberi pembeli dan penjual manfaat dari tingkat persediaan yang lebih
rendah, biaya persediaan yang lebih rendah, dan layanan yang lebih sering.
Karakteristik layanan positif lainnya adalah kelancaran
transportasi. Dengan sistem suspensi dan ban pneumatik yang digunakan pada
kendaraan mereka, perjalanan pengangkut motor lebih mulus daripada transportasi
kereta api dan air dan kemungkinannya kecil untuk mengakibatkan kerusakan pada
kargo (walaupun masih ada beberapa kerusakan kargo dengan transportasi
pengangkut motor). Layanan yang bebas kerusakan ini mengurangi persyaratan
kemasan dan dengan demikian biaya pengemasan. Terakhir, segmen usaha industri
pengangkut motor adalah pelanggan atau berorientasi pasar. Ukuran terkecil dari
kebanyakan operator telah memungkinkan atau bahkan memaksa operator untuk
merespons peralatan pelanggan dan kebutuhan layanan.
Kesimpulan dari terjemahan karakteristik layanan umum diatas adalah
ada 3 karakteristik dalam angkutan darat.
- Hampir semua daerah dapat di jangkau dengan angkutan darat. Dengan kendaraan darat tidak ada pembatas. Jadi semua bisa sampai tujuan dengan mudah
- Kecepetan menjadi karakteristik selanjutnya. Walaupun pesawat lebih cepat dalam hal kecepatan kendaraan. Namun karena dengan menggunakan kendaraan darat tidak perlu melakukan bongkar muat berkali-kali sebagaimana kita menggunakan angkutan udara dan laut
- Kelancaraan transportasi disini dimaksudkan, dalam jasa angkutan darat sebuah cargo lebih aman dari kerusakan karena didukung dengan adanya suspensi dan pneumatik pada kendaraan. Sehingga kerusakan kargo pun semakin minim dibandingkan angkutan udara dan laut.
SUMBER : Buku Transportation A Supply Chain Perspective
Komentar
Posting Komentar