#TM4.FRI 29/09/17

MOTOR CARRIER


Kompetisi

Operator motor bersaing keras satu sama lain untuk pengiriman barang. Dengan jumlah yang besar untuk operator motor yang disewa, persaingan antar perusahaan bisa sangat ketat. Namun, kompetisi yang paling berat untuk-menyewa biasanya berasal dari operator swasta. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, industri pembawa motor TL menawarkan beberapa kendala modal untuk masuk. Dengan kendala investasi yang relatif kecil, seseorang bisa memulai bisnis operator motor dan bersaing dengan operator yang ada. Dengan demikian, kebebasan masuk, diskon, dan kurangnya batasan peraturan tampaknya mendominasi industri dan menunjukkan bahwa persaingan antar perusahaan dapat mengendalikan industry. Kesimpulan semacam itu menjadi dasar ketergantungan yang lebih besar pada pasar dan tidak bergantung pada peraturan. Meski segmen LTL lebih terkonsentrasi, masih ada persaingan ketat antara maskapai papan atas. Pesaing lain termasuk United Parcel Service, FedEx, dan FedEx Ground.


Segmen tertentu dari pembawa motor memiliki persyaratan modal yang lebih tinggi daripada yang lain, seperti yang ditunjukkan, dan oleh karena itu memiliki beberapa batasan modal untuk masuk. Segmen utama yang memiliki persyaratan modal yang luas untuk masuk adalah pembawa LTL. Pengangkut LTL harus berinvestasi di terminal dan peralatan penanganan barang yang sama sekali tidak dibutuhkan oleh operator TL. Pembawa peralatan khusus-pembawa gas cair atau produk beku-biasanya memiliki investasi peralatan dan terminal lebih besar daripada yang terlibat dengan angkutan umum. Operator TL besar seperti J. B. Hunt dan Schneider National juga memiliki investasi modal yang signifikan.

Secara keseluruhan, industri pengangkut motor, terutama untuk operator kontrak, sudah berorientasi pasar. Memenuhi persyaratan pelanggan telah menjadi sifat umum operator motor. Ukuran kecil dari mayoritas untuk-menyewa operator memungkinkan mereka untuk memberikan perhatian individual kepada pelanggan. Sebagai pembawa telah tumbuh dalam ukuran, hubungan pelanggan-carrier yang dekat ini telah tegang. Namun, responsif terhadap permintaan pelanggan akan layanan masih mendominasi semua organisasi pengangkut motor, dan pengirim barang mengharapkan operator merespons kebutuhan mereka.


Kesimpulan yang saya daptakan dari terjemahan diatas adalah. Kompetisi dalam dunia asa angkutan darat sangatlah ketat. Siapapun itu bisa memasuki bisnis tersebut dan bersaing dengan perusahaan yang telah lama ada. Karena dalam jasa angkutan darat menawarkan kendala investasi yang sedikit dan peraturan yang tidak terlalu ketat.








Karakteristik Layanan Umum

Pertumbuhan dan meluasnya penggunaan transportasi pengangkut motor dapat dilacak pada karakteristik layanan yang melekat pada mode ini. Secara khusus, pembawa motor memiliki keunggulan berbeda dibanding mode lainnya di bidang aksesibilitas. Pengangkut motor dapat memberikan layanan ke hampir semua lokasi karena otoritas operasi untuk perusahaan sewa menyewa tidak lagi menempatkan batasan pada area yang dilayani dan komoditas yang diangkut. Akses pengangkut motor tidak dibatasi oleh jalur air, rel kereta api, atau lokasi bandara. Sistem jalan raya A.S. sangat luas sehingga hampir setiap lokasi pengiriman dan penerimaan dapat diakses melalui jalan raya.

 Keuntungan aksesibilitas pembawa kendaraan bermotor terbukti dalam pickup atau pengiriman barang di daerah perkotaan. Sangat jarang menemukan daerah perkotaan yang tidak dilayani oleh jaringan penjemputan. Sebenarnya, pembawa motor menyediakan jembatan antara pickup dan tempat tujuan dan fasilitas mode lainnya; Artinya, pengangkut motor disebut sebagai koordinator universal.

Keuntungan layanan lain dari motor carrier adalah kecepatan. Untuk pengiriman yang berada di bawah 800 mil, kendaraan pengangkut motor biasanya bisa mengantarkan barang dalam waktu kurang dari mode lainnya. Meskipun pesawat terbang melaju dengan kecepatan lebih tinggi, masalah pengiriman barang ke dan dari bandara melalui pembawa kendaraan menambah total waktu tempur pengangkut udara. Sebenarnya, jadwal tetap yang terbatas dari operator udara mungkin membuat pengangkut motor menjadi metode yang lebih cepat bahkan untuk jarak yang lebih jauh. Misalnya, pengiriman ke tempat tujuan yang berjarak 800 mil jauhnya mungkin memerlukan waktu 17,8 jam dengan kendaraan bermotor (800 mil di 45 mph). Meskipun waktu terbang antara bandara adalah 1,5 jam, 3 jam mungkin diperlukan untuk penjemputan dan 3 jam untuk pengiriman, ditambah waktu untuk memindahkan barang dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya. Jika maskapai penerbangan hanya menjadwalkan satu penerbangan per hari, pengiriman bisa menunggu hingga 24 jam sebelum dikirim. Pengangkut motor, bagaimanapun, berjalan langsung dari pintu pengirim ke pintu penerima barang. Keuntungan layanan ini menjadi nyata sejak 11 September 2001, ketika lalu lintas udara A.S. ditutup. Kantor Pos A.S. mengeluarkan sebuah pernyataan yang memperingatkan pelanggan akan penundaan paket atau surat yang menempuh perjalanan lebih dari 800 mil karena pengiriman Kantor Pos bergerak lebih dari 800 mil perjalanan melalui udara dan di bawah 800 mil perjalanan dengan kapal motor.

Bila dibandingkan dengan kereta dan tongkang, daya dukung kendaraan pengangkut motor yang lebih kecil memungkinkan pengirim untuk menggunakan tarif TL, atau diskon volume, dengan volume yang lebih rendah. Banyak bobot minimum TL ditetapkan pada 20.000 sampai 30.000 pound. Berat minimum kereta angkut sering ditetapkan pada 40.000 sampai 60.000 pound, dan minimum tongkang ditetapkan dalam bentuk ratusan ton. Ukuran pengiriman kapal motor yang lebih kecil memberi pembeli dan penjual manfaat dari tingkat persediaan yang lebih rendah, biaya persediaan yang lebih rendah, dan layanan yang lebih sering.
Karakteristik layanan positif lainnya adalah kelancaran transportasi. Dengan sistem suspensi dan ban pneumatik yang digunakan pada kendaraan mereka, perjalanan pengangkut motor lebih mulus daripada transportasi kereta api dan air dan kemungkinannya kecil untuk mengakibatkan kerusakan pada kargo (walaupun masih ada beberapa kerusakan kargo dengan transportasi pengangkut motor). Layanan yang bebas kerusakan ini mengurangi persyaratan kemasan dan dengan demikian biaya pengemasan. Terakhir, segmen usaha industri pengangkut motor adalah pelanggan atau berorientasi pasar. Ukuran terkecil dari kebanyakan operator telah memungkinkan atau bahkan memaksa operator untuk merespons peralatan pelanggan dan kebutuhan layanan.

Kesimpulan dari terjemahan karakteristik layanan umum diatas adalah 
ada 3 karakteristik dalam angkutan darat.
  • Hampir semua daerah dapat di jangkau dengan angkutan darat. Dengan kendaraan darat tidak ada pembatas. Jadi semua bisa sampai tujuan dengan mudah
  • Kecepetan menjadi karakteristik selanjutnya. Walaupun pesawat lebih cepat dalam hal kecepatan kendaraan. Namun karena dengan menggunakan kendaraan darat tidak perlu melakukan bongkar muat berkali-kali sebagaimana kita menggunakan angkutan udara dan laut
  • Kelancaraan transportasi disini dimaksudkan, dalam jasa angkutan darat sebuah cargo lebih aman dari kerusakan karena didukung dengan adanya suspensi dan pneumatik pada kendaraan. Sehingga kerusakan kargo pun semakin minim dibandingkan angkutan udara dan laut.




SUMBER : Buku Transportation A Supply Chain Perspective


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Summary Humanitarian Logistik

#TM.9 Jum'at 24/11/17